Inilah 6 Aplikasi Game yang Dipertandingkan dalam Asian Games

Euforia Asian Games saat ini tengah menyerang seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kemeriahan itu tidak hanya menyerang para pecinta olahraga saja, namun juga para pecinta permainan online.

Untuk pertama kalinya, Asian Games mempertandingkan cabang electronik sports (eSports) yang mana merupakan pertandingan online games berbasis sport. Maraknya aplikasi game online yang menggunakan cabang olahraga sebagai permainannya menjadikan trend ini akhirnya turut ikut berpartisipasi dalam euforia Asian Games.

Masuknya eSport dalam salah satu cabang yang dipertandingkan di Asian Games ini bukannya tanpa maksud. Hal ini ditujukan untuk mengubah pandangan negatif terhadap para pecinta permainan online ini.

Diharapkan dengan ini pandangan masyarakat yang menganggap game online hanya untuk bersenang-senang dan menghabiskan waktu semata bisa berubah.

Bagi para penggemar game online baik hanya hobi atau pun untuk yang gemar mencoba peruntungan di platform taruhan olahraga seperti Fun88 tentunya ini merupakan kabar gembira.

Namun, tidak semua aplikasi game online yang akan dipertandingkan di Asian Games ini. Hanya ada beberapa jenis permainan yang akan dipertandingkan.

Tahukah Para Pecinta Aplikasi Game Online, 6 Game Ini Masuk di Asian Games

Meskipun eSport ini hanya masuk ke dalam cabang olahraga eksibisi, yakni meskipun memperebutkan medali, medali yang didapatkan tidak akan masuk dalam hitungan perolehan medali kontingen, namun peminat cabang olahraga ini tetap menarik perhatian. Nah, berikut ini adalah beberapa nama permainan yang ditandingkan dalam Asian Games.

1. Pro Evolution Soccer (PES)
Nama aplikasi game online ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para pecinta game online. Permainan yang mengangkat tema sepak bola ini sudah pasti tidak akan dilewatkan masuk ke dalam salah satu permainan yang dipertandingkan dalam Asian Games.

2. Arena of Valor (AOV)
Game ini adalah permainan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), yang mana merupakan perpaduan antara genre game RPG dan MMORPG. Permainan ini biasa dimainkan beramai-ramai mulai dari 10-20 orang dan permainan di dalamnya bersifat strategi.

3. League of Legends
Permainan selanjutnya yang juga dipertandingkan dalam Asian Games adalah League of Legends. Game ini merupakan hasil kombinasi antara kemampuan kecepatan serta intensitas dari permainan RTS ditambah adanya unsur RPG yang bersifat kompetitif.

4. Clash Royale
Clash Royale merupakan gabungan antara permainan bergenre RTS dengan MOBA serta permainan kartu. Dalam permainan ini pemain harus menyelesaikan misi untuk menghancurkan menara lawannya. Meskipun kelihatannya gampang, namun game ini memerlukan kemampuan menyusun strategi yang baik dari pemainnya.

5. Heartstone
Aplikasi game online yang dipertandingkan di Asian Games selanjutnya adalah Heartstone. Game ini merupakan jenis collectible card game dengan setting yang berada di dalam dunia warcraft. Game ini termasuk dalam game multiplayer, yaitu dimainkan oleh dua orang. Meskipun disebut card game, namun game ini masih mengandung unsur battle karena kartu yang dipakai bisa memanggil monster.

6. Starcraft 2
Jenis aplikasi game online terakhir yang masuk dalam daftar permainan online di Asian Games adalah Starcraft 2. Permainan ini merupakan pengembangan dari permainan yang sama. Mengusung tema strategi, Starcraft menggunakan waktu nyata di dalam permainannya. Bisa dibilang permainan ini masuk dalam kategori RTS (Real Time Strategy) game.

Gelaran Asian Games yang berlangsung di Jakarta dan Palembang memang menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Tidak hanya para pecinta olahraga, Asian Games yang digelar mulai tanggal 18 Agustus ini juga menjadi kesempatan bagi para pecinta online game untuk adu kemampuan bermain permainan PC ini.

Masuknya permainan yang belakangan ini banyak digemari baik dimainkan lewat PC maupun ponsel pintar ini dianggap memberikan ruang bagi para pecinta game untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya sekaligus memberikan wadah untuk membuktikan prasangka negatif terhadap para pecinta permainan online ini.

Meskipun masuk ke dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di dalam Asian Games namun cabang ini tentu menerapkan peraturan dan sistem yang berbeda dengan cabang olahraga lain. Sama-sama memperebutkan medali, namun perolehan medali dari cabang ini tidak akan masuk dalam hitungan perolehan medali kontingen.

Hal itu tak menyurutkan minat peserta yang berpartisipasi dalam pertandingan ini. Jenis permainan atau aplikasi game online yang dipertandingkan juga tidak sembarangan. 6 permainan di atas adalah permainan-permainan yang telah disepakati untuk dipertandingkan dalam ajang olahraga tingkat Asia ini.

Leave a Reply