Inilah Beberapa Model Baju Batik yang Nyaman Digunakan untuk Aktifitas Kerja

Model Baju Batik untuk Kerja

BLOGGERCERIA.com – Bekerja merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan agar bisa mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Untuk bekerja, ada perusahaan yang membebaskan karyawannya untuk berpakaian namun ada pula yang mengharuskan karyawannya untuk mengenakan pakaian yang formal seperti batik. Biasanya baju batik ini dipergunakan pada hari jumat atau sabtu. Ada banyak model baju batik terutama untuk wanita yang bisa dipergunakan.

 

Model Baju Batik untuk beragam aktifitas

Berikut ini adalah berbagai macam ataupun model baju batik yang biasanya dipergunakan pria maupun wanita untuk ke kantor, kondangan, ibadah dan juga lifestyle.

 

Pertama adalah kemeja batik

Jenis model pakaian yang banyak ditemukan di toko online dengan harga yang terjangkau ini dipergunakan oleh pria. Warna batik yang dipergunakan tidak terlalu mencolok misalnya warna pink dan biasanya lebih menggunakan warna netral seperti hitam, merah maroon, biru maroon atau yang lainnya. Baju model ini ada yang memiliki lengan panjang dan ada yang lengan pendek. Umumnya, kemeja batik 100% menggunakan batik namun beberapa diantara mengkombinasikan batik dengan jenis bahan yang lain tanpa corak untuk membuat tampilan kemeja menjadi lebih menarik.

 

Kedua adalah baju koko.

Baju jenis ini biasanya memiliki model kerah shanghai dan dipergunakan oleh pria sehingga menutup bagian depan hingga sebatas leher. Biasanya, model pakaian ini akan dikombinasikan dengan bahan baju yang lainnya dan motif batik yang dipergunakan tidak penuh. Misalnya hanya sebatas penggunaan di bagian depan dari baju koko atau untuk bagian pergelangan tangan atau di selang-seling berbentuk diagonal.

 

Ketiga adalah tunik.

Model baju batik ini dipergunakan oleh wanita. Tunik sendiri merupakan model pakaian yang berpotongan longgar dan menutupi bagian bahu, dada, punggung dan memiliki panjang minimal hingga pertengahan paha. Biasanya, wanita yang menggunik akan mengkombinasikannya dengan penggunaan belt atau sabuk dan beberapa diantaranya mengenakan model pakaian ini tanpa menambahkan aksesoris kecuali kalung. Biasanya, model tunik, akan dikombinasikan dengan celana, baik jenis celana pensil, cutbray atau jenis celana yang lainnya.

 

Keempat adalah blouse.

Blouse ini merupakan kemeja untuk wanita. Memiliki potongan yang sederhana, model pakaian ini paling banyak dipilih. Hal ini disebabkan karena selain cara menggunakannya tidak memerlukan waktu banyak, blouse bisa dikombinasikan dengan jenis model pakaian yang lainnya misalnya celana panjang atau rok. Beberapa diantara mengkombinasikan baju model blouse ini dengan menggunakan blazer atau cardigan untuk memberikan tampilan yang berbeda.

 

Kelima adalah kutubaru.

Model pakaian ini biasanya menggunakan bahan seperti katun yang polos. Namun, seiring dengan berkembangnya jaman, kain batik juga dipergunakan untuk membuat pakaian model ini. Batik model kutubaru tidak hanya bisa digunakan untuk bekerja namun juga untuk menghadiri acara penting misalnya pernikahan dan bisa dikombinasikan dengan bawahan apa saja termasuk sarung lilit yang dapat dikreasikan sesuai dengan keinginan Anda.

 

Model baju batik yang lainnya yang bisa dipergunakan untuk bekerja yaitu:

  • Tabita top. Model pakaian ini jika sekilas dilihat memiliki bentuk yang hampir sama dengan tunik karena longgar tidak hanya di bagian bawah pakaian namun juga di bagian lengan. Bedanya ada di bagian panjang baju. Jika umumnya tunik bisa memiliki panjang hingga betis, baju ini memiliki panjang hingga pertengahan paha. Biasanya, pakaian yang menggunakan model ini menggunakan jenis lengan bentuk lonceng dengan ujung lengan yang lebih lebar dibandingkan bagian atasnya. Model pakaian ini dapat dikombinasikan dengan jenis bawahan yang lainnya dan sangat cocok dipergunakan untuk ibu hamil.
  • Gamis. Sudah banyak jenis baju dari batik dengan model gamis sehingga bisa menjadi pilihan Anda untuk bekerja.

Leave a Reply