4 Tips Mengusir Rayap di Rumah Alami, Mudah dan Ampuh

Tips anti rayap alami mudah dan ampuh

BLOGGERCERIA.com –  Rayap merupakan salah satu binatang yang kadang merugikan kita karena dia sangat suka membangun sarang di perabot kayu kita. Rayap dapat membuat perabot kayu kita menjadi rapuh dan patah karena mereka menggerogoti bagian dalam kayu tersebut perlahan tapi pasti sehingga kerusakan perabot tidak dapat dihindari.

Ada berbagai cara yang dapat mengusir rayap. Di sini akan dibahas mengenai tips anti rayap alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Anda bisa mendapatkan informasinya di sini.

1. Kapur sirih

Cara membasmi rayap dengan kapur sirih adalah dengan melarutkan kapur sirih dengan air. Larutan kapur sirih yang memiliki sifat yang panas dapat menjadi saah satu cara mengusir rayap dengan cukup cepat dan efektif. Cara alami ini bekerja dengan membuat rayap merasa panas, rayap memiliki kulit yang tipis sehingga bila terkena panas, rayap akan mudah mati sehingga cara ini cukup aktif untuk membuat rayap hilang. Anda cukup menyemprotkan larutan kapur sirih pada bagian furniture atau kayu daam rumah yang terkena rayap atau yang diindikasi sebagai rumah rayap. Selain menyemprot Anda juga bisa menyiramkan larutan tersebut jika tidak memiliki alat penyemprot.

 

2. Minyak tanah

Selain larutan kapur sirih, ada lagi cara alami yang dapat digunakan, yakni dengan menggunakan minyak tanah. Cukup semprotkan minyak tanah di bagian yang kayu atau furniture yang merupakan sarang rayap untuk mengusir mereka.

 

3. Tembakau

Jika Anda ingin mengusir rayap dengan tembakau, efeknya akan lebih tinggi jka Anda merendam tembakau terlebih dahulu di dalam air dan diamkan rendaman sepanjang malam. Fungsi perendaman adalah sebagai salah satu cara untuk mengekstrak bahan aktif yang terkandung di dalam tembakau. Kemudian, air rendaman tembakau tersebut dapat Anda gunakan untuk mengusir rayap. Caranya dengan menyemprotkannya pada daerah yang diindikasi sebagai sarang rayap. Cara ini jauh lebih efisien dibandingkan dengan menyebarkan tembakau kering di sekeliling sarang rayap.

4. Garam

Pembasmi rayap yang selanjutnya sangat mudah Anda dapatkan di rumah. Ya, cara selanjutnya adalah menggunakan garam dapur. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menaburkan garam di sarang rayap di perabot kayu Anda. Jika dirasa kurang mantap, Anda bisa melarutkan garam ke dalam air jika perlu tambahkan tembakau agar lebih efektif. Diamkan larutan tersebut selama semalam kemudian gunakan untuk membasmi rayap di hari berikutnya.

Demikian tadi ulasan mengenai 4 cara alami yang dapat digunakan untuk mengusir rayap. Anda dapat memilih salah satunya dan mencoba cara yang mana yang lebih efektif dalam membasmi rayap. Jika cara tersebut blum berhasil, Anda juga dapat mencoba jasa anti rayap di sekitar tempat tinggal Anda.

Leave a Reply