Serba-Serbi Printer Canon Terbaru

canon printer

BLOGGERCERIA.com – Printer Canon adalah sebuah alat pencetak yang diproduksi oleh Canon Inc dari Jepang. Canon sendiri sudah terkenal sejak dulu sebagai produsen peralatan penghasil citra dan optik. Selain terkenal dengan kameranya, Canon juga terkenal dengan produk mesin foto copy-nya. Dengan berbekal reputasi dari mesin foto copy tersebut, Canon mencoba menghadirkan sebuah produk printer berkualitas dengan merek dagang yang sama.

 

Bagian-Bagian Printer Canon

Di dalam menjalankan fungsinya, printer Canon dibagi menjadi beberapa bagian pendukung diantaranya adalah:

  • Picker

Picker adalah alat yang digunakan untuk mengambil kertas dari Tray.

  • Tray

Tray sendiri merupakan alat untuk menyimpan kertas.

  • Power Input

Power input bertugas untuk menghubungkan daya listrik dengan printer itu sendiri.

  • Konektor

Konektor adalah perantara untuk pertukaran data baik dari komputer, laptop ataupun dari smartphone menuju printer. Konektor ini dapat berbentuk USB ataupun WiFi.

  • Tinta Atau Toner

Tinta atau toner adalah bahan utama dalam proses pencetakan. Perbedaan tinta dan toner terletak pada bentuknya. Jika tinta berbentuk cairan dengan warna dan kualitas yang berbeda-beda, maka toner berbentuk bubuk yang penggunaannya melalui proses pemanasan terlebih dahulu.

  • Tabung Tinta

Tabung tinta digunakan sebagai tempat untuk menampung tinta.

  • Bagian Lainnya

Bagian-bagian lainnya yang terdapat pada printer dapat bermacam-macam tergantung dari jenis dan seri printer itu sendiri. Bagian tersebut dapat berupa aksesoris ataupun perangkat lainnya seperti scanner dan lain sebagainya.

 

Printer Canon sendiri terkenal akan kualitas gambar cetakan yang jernih, terlebih lagi untuk jenis printer foto. Akan tetapi walaupun memiliki kualitas cetakan yang jernih, printer Canon tentu tidak terlepas dari berbagai macam kekurangan. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh printer Canon? Berikut ulasannya.

 

Kelebihan Printer Canon

Kelebihan yang dimiliki oleh printer Canon salah satunya adalah mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Kualitas hasil cetakan tersebut akan tertampil dengan sempurna selama menggunakan tinta original dan tentu tidak mengadopsi sistem infus. Kelebihan lainnya adalah printer Canon memiliki kecepatan cetak yang tinggi. Sebagai contoh adalah untuk printer Canon dengan seri IP22770 mampu menghasilkan print speed black hingga 7.0 ppm dan print speed colour hingga 4.8 ppm jauh diatas rata-rata print speed printer-printer pesaingnya. PPM sendiri adalah singkatan dari Print Page Per-minutes.

 

Dari segi komponen, printer Canon memiliki komponen yang kuat. Hal ini terbukti dari jarangnya ada kasus kerusakan rollpaper, mainboard dan perangkat-perangkat lainnya. Harga printer Canon pun relatif lebih murah jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Maka tidak heran jika banyak orang yang menggunakan printer produksi Canon ini.

 

Kelebihan lainnya adalah ketika digunakan untuk mencetak foto tidak berwarna alias hitam putih, Canon mampu menghasilkan cetakan foto yang lebih bagus serta stabil sehingga tidak ada efek warna yang “lari”. Bukan hanya untuk print foto saja, akan tetapi printer Canon juga sangat cocok digunakan untuk mencetak berbagai dokumen baik di kantor maupun di rumah.

 

Kekurangan Printer Canon

Bagaikan dua sisi mata uang, ketika ada kelebihan tentu di situ juga ada kekurangan. Hal ini juga berlaku pada printer Canon yang hadir bukannya tanpa cacat. Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh printer keluaran Canon adalah, walaupun kualitas cetakannya tergolong sangat bagus, akan tetapi kualitas warna yang dihasilkan tidaklah setajam pesaing utamanya yaitu Epson. Warna yang dihasilkan cenderung kurang natural, terutama untuk cetakan foto kulit manusia yang cenderung berwarna kemerah-merahan. Tapi hal tersebut masih tetap memuaskan.

 

Untuk anda yang tidak mau ribet dengan sistem isi ulang atau refill tinta catridge dan memilih untuk mengadopsi sistem infus, beberapa seri dari printer Canon kurang mendukung untuk sistem infus. Jika dipaksakan maka akan timbul berbagai masalah baru seperti gangguan jalannya catridge karena selang infus dan masalah lainnya. Selain itu juga harga catridge untuk satu set-nya cenderung mahal.

 

Kekurangan lainnya adalah untuk anda yang ingin membuka studio foto maka tidak direkomendasikan untuk mengunakan printer Canon karena komponen Head-nya cenderung lebih cepat rusak. Padahal pada produk kamera, Canon terkenal akan kualitas dan ketangguhannya.

 

Tips Membeli Printer Canon

Berikut ini adalah beberapa tips dalam membeli printer Canon

  1. Membeli Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli printer Canon pastikan terlebih dahulu tujuan anda dalam membeli printer tersebut. Jika hanya untuk print dokumen word atau excel biasa, anda dapat memilih jenis deskjet dengan catridge. Jenis ini lebih tahan lama dan tidak memerlukan perawatan yang sulit. Namun jika membutuhkan printer multi fungsi maka tidak ada salahnya untuk memilih jenis laser dengan tinta warna.

 

  1. Usahakan Membeli Printer Canon Dalam Kondisi Baru

Hal ke dua adalah pastikan anda membeli printer Canon dalam kondisi baru. Ini sangat penting karena biasanya printer adalah salah satu alat yang mudah mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik. Jangan tergiur dengan harga printer murah tetapi bekas, karena bisa saja anda mendapat printer dengan kondisi yang tidak bagus. Dengan membeli printer baru anda akan mendapatkan garansi dari distributor dan pabrik, sehingga jika terjadi masalah selama dalam masa garansi anda akan mendapatkan penggantian yang sesuai.

 

  1. Perhatikan Garansi

Pentingnya membeli printer Canon dalam kondisi baru adalah karena adanya garansi yang diberikan oleh distributor dan pabrik. Canon memberikan garansi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini menunjukan keseriusan pabrik dan distributor terhadap kualitas dari produk yang dibuat.

 

  1. Cek Kondisi Fisik Printer

Ketika membeli sebuah printer Canon, maka cek kondisi fisik printer tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa printer yang anda beli tidak mengalami cacat produk ataupun mengalami gangguan operasional. Sehingga anda dapat memastikan bahwa printer yang anda beli dapat bekerja dengan baik dan tidak mengalami gangguan.

 

  1. Perhatikan Layanan After Sales

Layanan after sales yang diberikan oleh Canon termasuk layanan yang baik. Klaim garansi yang diberikan dan juga proses service printer Canon  termasuk cukup cepat. Ketika anda memilih printer dengan merek lain dan ternyata memiliki layanan after sales yang buruk tentu membuat anda merasa tidak nyaman.

 

Nah, demikianlah serba-serbi mengenai printer Canon mulai dari komponen yang digunakan, kelebihan dan kekurangan hingga harga dan juga tips membeli printer Canon. Agar printer Canon dapat bertahan lebih lama, sebaiknya jangan letakan printer pada tempat yang terlalu panas. Selain itu juga instal dirver hingga tuntas dan selalu gunakan tinta printer original agar hasil cetakan dapat maksimal.

 

Jangan pernah meletakan barang apapun yang terlalu berat di atas printer karena bodi printer tidak didesain untuk menopang beban berat. Gunakan pula printer Canon tersebut sesuai dengan peruntukannya. Seperti misalnya jangan memaksakan printer untuk mencetak gambar dengan detail tinggi padahal printer tersebut tidak support untuk print HD. Semoga bermanfaat.

 

Sumber gambar: http://www.canon-asia.com

One Response

  1. Obat Jerawatan March 14, 2017

Leave a Reply