Apa Saja Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah?

BLOGGERCERIA.com – Macam-macam makanan yang baik untuk mengontrol gula darah apa saja sih? Sebelumnya yuk kita simak dulu apak itu gula darah 🙂

Penyakit Gula Darah atau yang biasa disebut Diabetes Mellitus adalah penyakit dimana tubuh tidak dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Hormon yang berfungsi mengontrol gula darah ialah hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas.

Beberapa kasus terjadi karena pankreas mengalami kelainan sehingga insulin yang dihasilkan untuk mengontrol gula darah hanya sedikit.

Kasus lainnya bukan karena produksi insulin yang terbatas namun kadar gula darah membengkak akibat terlalu banyak mengonsumsi gula.

Biasanya kasus ini dialami oleh penderita obesitas. Selain menyuntikkan insulin ke dalam tubuh untuk membantu menekan jumlah gula darah perlu juga diperhatikan pola makan yang sehat.

Berikut BloggerCeria sampaikan 10 Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah anda.

10 Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah

1. Kayu Manis
Kayu manis mengandung methylhydroxy-chalcone polimer yang meniru efek insulin dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Jerman menunjukkan bahwa kayu manis mampu menurunkan tingkat gula darah hingga 10.3 persen.

2. Oatmeal
Oatmeal menjadi makanan sehat bagi anda penderita diabetes karena rendah gula dan membuat kenyang lebih lama. Oatmeal memang mengandung banyak karbohidrat namun karbohidrat dalam oatmeal adalah karbohidrat yang baik karena lama diserap oleh tubuh sehingga tidak menaikkan gula darah anda dalam waktu singkat.

3. Labu Pahit (Karela)
Karela atau sering disebut pare menjadi alternatif bagi anda penderita diabetes untuk menjaga kadar gula dalam darah. Karela mengandung charantin dan polypeptide-P yang dapat merangsang sel beta pankreas mengeluarkan insulin.

4. Gandum
Sudah kita ketahui bersama bahwa gandum mengandung banyak vitamin esensial, mineral dan kaya akan serat. Selain itu gandum mengandung karbohidrat kompleks yang menghasilkan energi. Karbohidrat kompleks diserap tubuh lebih lama sehingga kadar gula dalam darah anda lebih stabil.

5. Apel
Apel mengandung pektin yang diketahui membantu menurunkan kebutuhan insulin tubuh anda. Sebuah studi menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi satu apel tiap harinya memiliki resiko 28 persen lebih kecil terkena diabetes tipe 2 daripada wanita yang tidak mengonsumsinya.

6. Brokoli
Selain kaya serat dan rendah karbohidrat brokoli mengandung kromium yaitu mineral yang membantu mengatur insulin dan gula darah anda.

7. Kacang
Kacang kaya akan serat larut yang dapat menyimpan gula darah setelah kita makan. Selain itu serat larut juga berguna melancarkan sistem pencernaan kita. Kacang akan menjadi camilan yang dapat mengontrol kadar gula darah kita.

8. Ikan Salmon
Ikan salmon adalah sumber asam lemak omega 3 yaitu lemak yang dapat mengurangi kadar lemak dan kolesterol sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan penyakit gula darah.

9. Kedelai
Kedelai mengandung serat dan protein tinggi yang dapat memberikan efek dalam menurunkan ekskresi urin pada penderita diabetes.

10. Cabai
Cabai ternyata dapat membantu menstabilkan kadar gula darah kita. Sebuah penelitian di Australia menyebutkan kandungan antioksidan, vitamin C dan karotenoidnya dapat meningkatkan regulasi insulin dalam tubuh.

Menjaga pola makan dan pola hidup sehat adalah kunci untuk menangkal berbagai penyakit. Itulah beberapa tips kesehatan tentang makanan untuk mengontrol gula darah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah anda ya! 🙂

Leave a Reply