Pengaruh Banyaknya Kecelakaan Mobil di Jalan Raya

pasar polis

BLOGGERCERIA.com –¬†Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu masalah yang terjadi di seluruh dunia, terutama di negara berkembang. Menurut data yang dilansir dari The Global Report on Road Safety, Indonesia menempati posisi ke-3 setelah Cina dan India sebagai negara Asia dengan tingkat kecelakaan paling tinggi, dimana angka kematian mencapai total 38.279 pada tahun 2015 dan diperkirakan meningkat sebesar 13% pada tahun 2016.

Angka tersebut sebetulnya bisa diminimalisir dengan mengantisipasi faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Namun tetap saja, masih rendahnya kesadaran masyarakat akan keselamatan berkendara menyebabkan tingginya tingkat kecelakaan jalan raya masih sulit untuk ditekan. Para pemakai jalan melihat masih banyak yang kerap kali melakukan pelanggaran lalu lintas.

Terjadinya kecelakaan mobil di jalan raya biasanya dipengaruhi oleh 4 faktor besar. Yakni faktor manusia, faktor cuaca, faktor kendaraan dan faktor jalan. Berikut ini adalah ulasannya:

  1. Faktor Manusia

Hampir setiap kejadian kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh faktor manusia. Mulai dari pelanggaran lalu lintas, kurang berhati-hati saat berkendara, tidak memerhatikan standar keselamatan, menyetir dalam keadaan mabuk, mengantuk dan lain sebagainya. Perlunya pengetahuan akan standar keselamatan berkendara inilah yang kurang disadari oleh masyarakat. Bahkan masih banyak pengendara yang tidak mengetahui arti dari rambu-rambu lalu lintas. Hal-hal seperti inilah yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas terjadi karena faktor manusia.

  1. Faktor Cuaca

Kondisi alam juga merupakan faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, terutama pada musim hujan. Angin kencang dapat menyebabkan pohon tumbang hingga jatuh menimpa kendaraan. Selain itu, kondisi jalanan yang licin juga dapat membuat ban kendaraan jadi mudah tergelincir. Belum lagi kabut yang mengganggu jarak pandang. Maka dari itu, Anda diharuskan untuk lebih berhati-hati dalam berkendara, terutama ketika cuaca hujan dan berkabut.

  1. Faktor Kendaraan

Umumnya, kecelakaan karena faktor kendaraan melibatkan moda transportasi yang sudah tidak layak pakai atau sudah berumur. Kendaran-kendaraan ini seringkali tetap dipaksakan untuk berkendara. Seharusnya, kondisi kendaraan juga perlu diperhatikan. Apakah ada bagian yang harus diperbaiki? Biasanya, faktor yang menyebabkan kecelakaan adalah rem blong dan ban pecah. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa kondisi kendaraan secara rutin.

  1. Faktor Jalan

Faktor jalan dan infrastruktur juga berpengaruh terhadap tingginya jumlah kecelakaan. Kondisi jalan yang rusak dan bergelombang sangat berbahaya bagi pengendara, karena dapat menyebabkan pengendara sulit mengendalikan kendaraan yang dapat berakibat fatal. Sebut saja seperti menabrak kendaraan lainnya, menabrak pembatas jalan, atau tergelincir dan masuk ke dalam jurang. Peran dari pemerintah dan warga sangatlah penting dalam melakukan reparasi dan perbaikan terhadap jalan-jalan yang rusak.

Beberapa faktor di atas telah menjelaskan bahwa penyebab utama kecelakaan itu dikarenakan kelalaian pengemudi. Maka dari itu, sebaiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum mulai berkendara. Mulai dari kondisi fisik, hati, serta pikiran. Yang tidak kalah penting adalah selalu menjaga kondisi kendaraan. Rutinlah pergi ke bengkel sekitar 1 sampai 3 bulan sekali agar kendaraan selalu terawat.

Kecelakaan tentunya juga mengakibatkan berbagai dampak yang merugikan, baik itu kerugian secara fisik, mental maupun materi. Kerugian secara fisik bisa digambarkan dengan kondisi korban kecelakaan itu sendiri, misalnya mengalami luka-luka hingga harus dirawat secara intensif, bahkan bisa sampai meregang nyawa.

Selanjutnya kerugian secara mental, biasanya korban kecelakaan akan mengalami trauma, sehingga berpengaruh terhadap kehidupannya setelah peristiwa itu terjadi. Setiap orang memiliki kurun waktu yang cenderung berbeda-beda untuk bisa menyembuhkan diri pasca mengalami trauma.

Terakhir, kerugian dari segi materi. Mengalami kecelakaan pastinya membuat Anda merogoh kocek cukup dalam untuk biaya pengobatan dan biaya perbaikan kendaraan. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa memilih asuransi yang tepat, carilah perusahaan asuransi kendaraan terbaik di indonesia, yang akan menjamin biaya perbaikan kendaraan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengasuransikan diri sendiri maupun anggota keluarga dalam kategori kecelakaan diri, asuransi jiwa, asuransi perjalanan, dan lain sebagainya. Asuransi seperti ini tentu saja sangat membantu Anda apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sudahkah Anda memiliki asuransi kendaraan terbaik di indonesia?

Leave a Reply