Mengenal Istilah Ucrete Dan Apa Kaitannya dengan Epoxy Flooring?

Mengenal istilah ucrete

BLOGGERCERIA.com – Ketika berbicara mengenai epoxy flooring, hal ini sangat erat kaitannya dengan ucrete. Apakah Anda sudah tahu apa itu epoxy flooring?  Secara umum epoxy flooring merupakan kegiatan pelapisan sebuah lantai beton agar sesuai dengan standar ISO.

 

Lantas, seperti apa lantai berstandar ISO tersebut? Strandar dari ISO itu lantai harus aman untuk melakukan berbagai pekerjaan, aman terhadap berbagai macam bahan kimia, kokoh, serta higienis, di mana lantai seperti itu hanya bisa didapatkan dengan melakukan epoxy flooring. Biasanya lantai yang dikehendaki tersebut adalah lantai untuk sebuah perusahaan besar, sebuah industry, rumah sakit dan perusahaan besar lainnya.

 

Sama halnya seperti epoxy flooring, istilah ucrete juga mrupakan tahapan pelapisan lantai beton namun dengan bahan yang berbeda. Fungsi ucrete itu sama seperti epoxy flooring hanya saja paduan bahan yang digunakan terdapat sedikit perbedaan namun tetap memberikan kualitas yang baik pada lantai. Membahas lebih lanjut mengenai istilah ucrete, dalam tahapan aplikasi lantai ucrete  ini pada umumnya di bagi menjadi tiga tahapan yaitu.

 

Surface preparation

Pada tahapan ini merupakan tahapan pembersihan lantai beton yang akan diberi lapisan ucrete. Tahapan ini sangat penting agar dalam pengaplikasian ucrete bisa berjalan dengan baik. Hal yang harus dibersihkan dari lantai beton ini antara lain sisa semen, minyak, oli ataupun kotoran lain yang dapat mengganggu pengaplikasian ucrete pada lantai.

 

Scratch coat

Tahapan kedua yang dilakukan setelah tahap pembersihan lantai yaitu scratch coat atau pemberian lapisan primer. Pada tahap inilah pelapisan pertama beton dengan menggunakan bahan ucrete. Dalam pengaplikasiannya memiliki detail pelaksanan yaitu pertama adalah mix bahan ucrete part 1 dan ucrete part 2 dengan alat khusus sampai dengan adonan ucrete tercampur merata selama satu menit. Kemudian tambahkan campuran ucrete part 3 dan ucrete liquid sebagai pemberi warna sambil terus diaduk sampai dengan homogen kurang lebih selama 2 menit. Setelah proses penampuran selesai, adonan ucrete siap untuk diratakan pada lantai beton menggunakan hand steel towell dengan ketebalan lapisan kurng lebih 800 micron.

 

Top coat

Setelah proses pengaplikasian ucrete lapisan pertama sudah selesai barulah langkah selanjutnya itu adalah memberi lapisan atas yang baru bisa diaplikasikan 6 sampai dengan 7 jam setelah selesai melakukan pelapisan pertama. Lantai bisa langsung digunakan untuk melakukan aktifitas dalam waktu 24 jam setelah pengaplikasian top coat dengan suhu 30 derajat celsius. Pelaksanaan epoxy flooring dengan menggunakan bahan ucrete ini bisa menghasilkan lantai yang kuat, kokoh, sehat, aman, higienis, dan juga tahan lama. Jadi, ketika Anda akan melakukan epoxy flooring, pastikan menggunakan bahan ucrete yang berkualitas. Total satu set ucrete MF terdiri dari ucrete part 1, ucrete part 2, ucrete part 3, dan ucrete liquid color.

Leave a Reply