Memilih Sepatu Lari Pria yang Tepat

Sepatu lari pria Planet Sports

BLOGGERCERIA.com – Anda ingin punya tubuh sehat? Olahraga adalah jawabannya. Kegiatan ini bukan hanya memberikan dampak positif bagi kesehatan, tetapi juga dapat membentuk tubuh menjadi ideal. Anda pastinya inginkan memiliki tubuh yang ideal? Maka dari itu, biasakanlah untuk melakukan olahraga secara teratur.

Bagi pria, ada banyak sekali pilihan olahraga yang bisa dilakukan. Diantaranya sepakbola, basket, bulu tangkis, tenis meja, dan lain sebagainya. Diantara olahraga tersebut, ada olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan, yaitu lari.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari berlari. Mulai dari mengoptimalkan sistem pernafasan, menjaga kesehatan jantung, mencegah impotensi, memperkuat tulang, mencegah dimensia, memperbaiki kualitas tidur dan membakar kalori berlebih 🙂

Anda bisa melakukan olahraga ini kapanpun dan dimanapun. Melakukannya sendirian pun tidak masalah, karena Anda tidak harus memiliki teman dalam berlari. Jadi, gunakanlah waktu luang yang Anda miliki untuk melakukan olahraga yang sangat baik bagi kesehatan seperti berlari ini. Entah melakukannya pagi hari, maupun sore hari.

Bukan hanya itu, berlari juga merupakan olahraga yang murah. Anda hanya memerlukan perlengkapan berupa sepatu lari untuk menentukan kualitas gerakan dan performa gerakan. Bagi seorang yang hobi berlari, sepatu adalah perlengkapan yang paling penting, karena berlari tanpa sepatu hanya akan menyakiti kaki sendiri.

Hal ini terjadi karena tekanan yang diterima kaki ketika berlari itu jauh lebih kuat bila dibandingkan dengan berjalan biasa. Hentakan demi hentakan ketika seorang berlari itu memiliki gaya tekan sekitar tiga hingga lima kali bobot tubuhnya. Maka dari itu, gunakanlah sepatu yang tepat agar pergerakan kaki lebih nyaman, juga mengurangi resiko terjadinya cedera ketika berlari.

Untungnya, saat ini berlari sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang, bahkan sudah menjadi gaya hidup. Jadi, pasar pun mulai berlomba-lomba untuk menyediakan sepatu berkualitas untuk para pelari ini. Anda pun tidak sulit lagi untuk menemukan sepatu lari yang berkualitas, bahkan Anda bisa memesannya via online melalui sepatu lari pria Planet Sports.

Berikutnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sepatu lari, yaitu:

Bentuk kaki

Pada umumnya, bentuk kaki setiap orang itu berbeda-beda dan terbagi menjadi tiga kategori. Yaitu Low Arch, Normal Arch dan High Arch. Pahami terlebih dahulu bentuk kaki Anda, pilihlah sepatu yang paling sesuai dengan kategori kaki Anda. Nah, berikut ini adalah penjelasannya

  • Low Arch (Overpronation)

Bentuk kaki dengan sudut kelengkungan kecil ini kerap disebut sebagai flat foot, bentuknya datar dan hampir tidak terlihat cekungan pada sisi dalam telapak kaki. Jika seorang pelari memiliki tipe kaki jenis ini, pilihlah sepatu lari dengan tipe motion control yang mampu menambah kestabilan ketika berlari.

  • Normal Arch (Pronation)

Kaki dengan bentuk seperti ini memiliki sudut kelengkungan yang normal pada telapak kaki. Jika seorang pelari memiliki bentuk kaki normal arch, pilihlah sepatu yang memiliki sedikit sudut kelengkungan seperti stability shoes atau semi curved shoes. Ini dapat membantu pendistribusian gaya hentakan kaki ketika berlari.

  • High Arch (Underpronation)

Ini dia bentuk kaki yang paling jarang dimiliki, bagian tengah kaki tipe high arch memiliki telapak kaki yang lebih tipis dibandingkan dengan kaki tipe lain. Oleh karena itu, bagian tumit dan depan kaki menjadi bagian yang paling besar menerima tekanan ketika berlari. Nah, untuk Anda yang memiliki tipe kaki jenis ini, pilihlah sepatu neutral shoes. Sepatu ini memiliki karakteristik yang khas dengan adanya bantalan empuk pada bagian depan kaki dan tumit untuk membantu menahan tekanan pada dua bagian tersebut.

Ukuran Sepatu

Jangan sampai salah ukuran ketika membeli sepatu baru. Perhatikan kembali sepatu lama Anda, apakah ukurannya sudah pas? Jika terlalu besar atau terlalu kecil, Anda bisa mencari informasi seputar size chart sepatu terlebih dahulu. Kemudian temukanlah ukuran yang sesuai untuk kaki Anda.

Tipe aktivitas berlari Anda

Sebelum memilih sepatu lari, ada baiknya jika Anda perhatikan dahulu tipe aktivitas berlari yang sering anda lakukan. Apakah untuk mengikuti sebuah kompetisi lari dan marathon, atau hanya sekedar sebagai sarana jogging saja. Sesuaikan sepatu anda dengan jarak yang akan ditempuh untuk berlari. Sepatu lari pria Planet Sports menyediakan bermacam pilihan sesuai kebutuhan dan selera Anda.

Nah itu dia tips memilih sepatu lari pria yang tepat, selamat berbelanja!

Leave a Reply