6 Aplikasi Live Video Streaming Terbaik

BLOGGERCERIA.com – Saat ini sedang berkembang tren fitur dan aplikasi live video streaming. Jenis aplikasi seperti ini memungkinkan kita untuk berinteraksi secara real-time, tak hanya dengan satu teman, tapi dengan semua followers kamu. Nantinya kamu bisa melihat reaksi dari followers melalui pesan teks atau like yang disampaikan.

Konsep live video streaming sebenarnya sudah ada sejak lama, biasanya dapat kita lihat di Youtube desktop. Namun, seiring berkembangnya internet dan jaringan koneksi yang semakin cepat dan meluas, akses live video streaming kini sudah bisa kita nikmati dengan lancar melalui smartphone di mana saja dan kapan saja.

Kini aplikasi live video streaming pun kian berkembang. Bahkan banyak dimanfaatkan oleh beberapa institusi tertentu ataupun selebriti sebagai bagian dari strategi promosi maupun pemasaran. Selain mudah, menggunakan aplikasi live video streaming ini juga tidak ribet dan tidak membutuhkan banyak peralatan bantuan. Jika kamu ingin ikut eksis, berikut ini beberapa aplikasi live video streaming yang bisa kamu coba.

1. Periscope


Periscope via ndtv.com

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang merupakan pelopor live video streaming. Awalnya Periscope banyak digunakan oleh pengguna Twitter sebagai media penyampaian informasi terkini berbasis video. Dengan Periscope, hanya bermodalkan smartphone, seseorang bisa melaporkan beragam peristiwa yang ditemui secara langsung.

Nantinya mereka bisa langsung membagikan video tersebut secara langsung melalui akun Twitter, dan di saat yang sama followers dapat memberikan reaksi terhadap video tersebut. Periscope berada di bawah naungan Twitter. Kini Periscope sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna termasuk seleb-seleb dunia.

2. InstaLive

InstaLive sebenarnya bukan merupakan aplikasi khusus, melainkan sebuah fitur yang ada di dalam aplikasi Instagram. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat video live streaming dari orang-orang baik yang kamu ikuti ataupun tidak 🙂

Sebaliknya, kamu juga bisa membuat live video streaming yang dapat ditonton oleh semua followers kamu. Selama kamu melakukan live streaming, semua followers kamu dapat memberikan reaksi berupa komentar di kolom komentar atau memberikan love yang bisa kamu lihat langsung.

3. Facebook Live

Tak kalah dari Instagram, Facebook juga menelurkan fitur live video streaming yang disebut Facebook Live. Melalui akun Facebook kamu dapat merekam momen secara live. Nantinya video streaming ini akan yang disiarkan langsung di timeline kamu.

Teman yang terkoneksi dengan akun Facebook kita dapat langsung menyaksikan live video dari akun Facebook-nya dan memberikan reaksi di kolom komentar. Keren, kan? Selain itu, Facebook juga menyertakan beberapa fitur untuk melengkapi Facebook Live, di antaranya Live Group dan Live Events.

Asyiknya, dengan fitur ini kita tak perlu ribet menyiapkan banyak peralatan, cukup dengan smartphone dan paket internet. Untuk membuat koneksi internet semakin cepat kamu bisa memilih paket internet dari Indosat Ooredoo.

Hanya dengan Rp 99.000 kamu bisa mendapatkan kuota 6,5 GB dengan kecepatan internet hingga 185Mbps. Jika kuota internet kamu habis, beli paket internet di www.Traveloka.com. Situs Traveloka akan memudahkan Anda dalam membeli pulsa dan paket internet harian.

4. ClipOnYu

ClipOnYu merupakan platform live streaming yang terbilang baru di Indonesia. Situs ini mengombinasikan live video streaming dengan media sosial. Uniknya, situs ini seperti sebuah acara televisi yang memiliki pembawa acara atau host sendiri.

Bedanya, para host ClipOnYu ini dapat melakukan live streaming di mana saja.

Nantinya, penonton dan para fans bisa menyaksikan langsung show dan berinteraksi langsung dengan host 🙂 Selain itu, kamu juga bisa melakukan live streaming sendiri yang dapat dilihat langsung dengan teman-teman, syaratnya kamu harus terdaftar dulu dan memiliki akun ClipOnYu.

5. Bigo Live

Meski terbilang baru, aplikasi BigoLive langsung diminati banyak pengguna internet, termasuk selebriti. Pada dasarnya hampir sama dengan aplikasi video live streaming lainnya, kamu dapat melakukan live streaming disaksikan oleh followers. Di BigoLive banyak pengguna memanfaatkan untuk menyalurkan hobi, seperti menyanyi, melakukan tutorial, dan memasak. Tak sedikit juga yang menggunakan untuk sekadar bertegur sapa dengan teman atau para fans.

6. Live On Streaming Youtube

Tak ingin ketinggalan dari aplikasi streaming lainnya, Youtube dalam waktu dekat akan meluncurkan fitur mobile live on streaming. Rencana ini sudah diwacanakan saat konferensi video produser, VidCon, beberapa waktu lalu. Nantinya hanya dengan satu klik, Anda dapat melakukan broadcast live in real-time. Saat ini dikatakan fitur mobile live on streaming Youtube sudah dapat digunakan, tetapi masih untuk kalangan terbatas.

Namun, Youtube berjanji akan segera merilis hadirnya fitur mobile live on streaming ini dalam waktu dekat. Nggak sabar!

Leave a Reply